Minggu Pagi Pasca Operasi

images

Image taken from here

Hari sabtu, satu hari nginep di RS mulai kerasa bosen dan gak betah. Walopun suami standby 24/7 (gw operasi hari jumat doi cuti, sabtu minggu so pasti libur) tapi tetep aja gak menghilangkan rasa bosen dan jenuh. Gw buru-buru ngerengek sama suster minta pulang. “Nanti malem ditanyain aja ke dr.Ivan pas visit, nanti dia yang putusin kapan boleh pulang.” Mudah-mudahan nanti malem boleh pulang.

Jam 7 malem belum ada tanda-tanda dr.Ivan dateng. Jam 7.30 juga belum, jam 8, jam 8.30. Duhh gak sabarrr mau pulang *pencet bel suster*.

Suster: Ya Bu?

Gw: Sus, dokternya kapan dateng?

Suster: Tadi info sih agak malem bu, karena ada jadwal di Depok.

Jam 9 sudah berlalu, sampe jam 9.30 akhirnya suster dateng bawa kabar. “Maaf bu, dokternya masih ada tindakan. Baru besok bisa visit. Ada keluhan?” Gw menggeleng sambil cemberut. Gagal deh niat pulang malem-malem. Hikks. Syukur Alhamdulillah sih semua baik, gw ga ngerasain sakit yang gimana-gimana. Cuman sariawan satu demi satu mulai muncul. Duh sakitnyaa, ampun deh.

Dr.Ivan dateng hari Minggu pagi menjelang siang. Nanya ini-itu, sempet ngejelasin hasil operasi, apa aja yang ditemuin, apa aja yang “dibuang”. Sampe akhirnya:

Gw: “Dok kapan saya boleh pulang”

Dr.Ivan: “Hari ini juga boleh”

Gw: “Asyikkkk, makasih ya Dok.” Buru-buru ambil hape mau nelpon suami supaya cepet-cepet ngurus paper work.

Dr.Ivan: Senyum sambil melangkah keluar.

Tiba-tiba nyokap gw yang lagi ada di kamar ikutan nimbrung. (Pas Dr.Ivan dateng laki gw lagi ngeluyur nyari makan, jadilah cuma ada gw dan nyokap).

Nyokap: “Kan operasinya baru jumat Dok.”

Dr.Ivan: “Gak papa Bu, memang normalnya dua hari. Hasil labnya semua baik, luka operasinya juga kelihatannya baik. Ada sedikit rembes, tapi sangat sedikit kok.”

Nyokap: “Tapi dok, dia kamarnya lantai 2. Naik tangga udah boleh?”

Dr.Ivan: “Suruh lari aja Bu. Tarik tambang juga boleh. Justru supaya cepat recovery nya harus banyakbergerak.”

Itu yang bikin gw ngerasa cocok banget sama nih dokter, bawaannya nyantai, gak banyak larangan eh gak ada bahkan. Asik banget deh, U RULE DOC! Yeahhhhh…

Jadi kalau ada orang yang tanya:

Orang: “Gimana abis operasi, masih sakit?”

Gw: “Banget, asli, parah.”

Orang: “Apanya yang sakit, bekas lukanya?”

Gw: “Enggak, bekas lukanya mah gak ada sakit-sakitnya. Bahkan setelah gak pake pain killer juga Alhamdulillah gak sakit.”

Orang: “Trus apa yang sakit?”

Gw: “SARIAWAN.” Sambil buka bibir nunjukin sariawan 4 biji bederet.

Kayaknya gara-gara puasa minum 19 jam gw dehidrasi akut (ini diagnosis diri sendiri). Bibir pecah-pecah, sariawan buanyak banget bertaburan. Minum larutan penyegar cap ini itu sehari 1 liter, ditambah Pocari Sweat 1 liter sehari, madu dan air putih biasa juga ga ngaruh.

Sampe akhirnya gw minta beliin laki gw popsicle, itu loh es krim loli. Belinya yang rasa buah, jangan yang cokelat atau susu. Lumayan efektif loh nyembuhin bibir pecah-pecah. Tapi bukan sariawan, sariawan mah gw pake abot*l, yang lain gak ada yang mempan.

Kesimpulannya adalah: Sariawan lebih sakit daripada luka bekas operasi.

Salam sariawan *pamer bibir*,

Me

